Siporing

indro37

Siporing ….artinya kabur dari rumah orang tua. Istilah populer bagi anak sekolah seusia ABG yang merasa tidak betah di rumah lalu meninggalkan rumah untuk menghirup kebebasan seperti yang ia maui.

Bermacam2 alasan anak siporing atau kabur dari rumah. Ada yang merasa terlalu di kekang dan ditekan/di marahi orang tua, rumah yang terlalu banyak aturan sehingga merasa tidak nyaman lalu berontak dan kabur. Ada pulayang merasa tak betah di rumah karena hubungan orang tua yang tak harmonis (sering cekcok) sehingga si anak frustrasi alias broken home.

Tapi ada juga yang memang karakter dan tabiat si anak sendiri yang terbilang ‘liar’ , pemalas dan tidak bisa hidup dengan aturan2 di dalam rumah.

Anak siporing tentu bikin orang tua jadi bingung. Bagi orang tua yang peduli dan sayang anak tentu si anak akan di cari dan di bujuk agar mau pulang ke rumah. Tapi ada juga orang tua yang kurang harmonis dan tidak perhatian. Alhasil si anak dibiarkan terus ‘mengembara’ di luar dan untuk yang sedang sekolah terpaksa putus sekolah.

Kemana anak siporing pergi dan dimana ia makan dan tidur. Biasanya tempat favorit adalah di pasar dan terimal. Karena di tempat inilah dia bisa menjual tenaga untuk sekedar makan. Biasanya, di tempat yang keras inilah ia di tempa dan tak jarang menjadi ‘sekolah gratis’ menjadi preman dan pelaku kriminal di kemudian hari.

Maklum, di pasar dan terminal ia menjadi bebas dan tidak terikat aturan. Seperti kata pepatah Belanda, jika engkau tidak bisa mendidik/mengkader anakmu, kelak orang lain yang mengkadernya menjadi orang yang diluar keinginanmu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: