Kopi Lari

indro42

Martandang… Itulah ritual yang dilakukan anak muda di kampung maupun di kota tak terkecuali diToba. Malam Minggu dengan penampilan pakaian yang terbaik pergi menemui gadis pikatan hati di kampung sebelah.

Maklum. Untuk anak muda berlaku juga pepatah, rumput tetangga sebelah lebih hijau dibanding di depan rumah sendiri. Artinya, gadis yang tinggal di desa atau kampung tetangga terlihat lebih cantik di banding gadis kampung sendiri.

Sang gadis juga tak kalah persiapan. Sabtu sore ia sudah mulai berdandan dan berbau harum dengan pakaian yang terbaru. Rumah di bersihkan dan terutama ruang tamu di rapihkan dan di pel. Supaya si doli partandang yang datang ke rumah bisa menilai si gadis adalah orang yang bersih dan rajin di dapur/ rumah. Ukuran standar dan umum untuk menilai seorang gadis desa layak atau tidak untuk dijadikan istri.

Kembang desa biasanya hanya satu atau dua. Nah… kalau Malam Minggu rumah si kembang desa tentu menjadi tujuan para partandang. Kalau si doli pertandang datangia, mendapat sudah ada partandang lain yang lebih dulu masuk, secara jantan ia harus mundur.

Partandang yang mundur tentu malu pulang ke rumah. Apalagi malam belum terlalu larut. Bisa-bisa ia jadi bahan tertawaan teman se kampung. Mau tidak mau ia pergi mencari rumah gadis lain yang belum ada partandangnya. Tujuannya, sekedar ngobrol dengan si gadis tentu saja mendapatkan kopi gratis yang di suguhkan.

Inilah yang di istilahkan anak muda kampung dengan KOPI LARI. Habis minum kopi dan ngobrol ngalur ngidul dengan si gadis, si doli pun kabur. Tanpa ada kata2 rayuan ataupun puja-puji layaknya seorang pemuda kepada gadis yang ia sukai. Maklum, ia memang tidak menyukai si gadis. Ia hanya menjadikan rumah si gadis tempat menghabiskan waktu di malam minggu.

Tapi, tak jarang juga si doli akhirnya bisa terpikat dengan si gadis yang awalnya tidak terlalu ia taksir. Mungkin ia terpikat dengan tutur kata, sopan santun dan juga bisa jadi kopi yang di suguhkan si gadis. Kopi, bisa juga membawa jodoh. Ima..tahe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: